Minggu, 13 Mei 2012

PERENCANAAN TIKUNGAN


PERENCANAAN TIKUNGAN

I.                   Perencanaan Tikungan 1R
1.      Menentukan Kelas Jalan

Berdasarkan tabel II.8 Tata Cara Perencanan Geometrik Jalan Antar Kota 1997 hal 17

Ditentukan fungsi jalan arteri, kelas IIIA lebar lajur ideal 3,75.

Berdasarkan tabel II.15 Tata Cara Perencanan Geometrik Jalan Antar Kota 1997 hal 27
Panjang bagian lurus maksimum arteri datar 3000 m.


 

2.      Menentukan Kecepatan Rencana
Berdasarkan tabel II.6 Tata Cara Perencanan Geometrik Jalan Antar Kota 1997 hal 11
Diambil VR = 100 km/jam

Dari grafik 4.3 hal 70 Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan :
Untuk kecepatan 80-112 km/jam

f           = -0,0125 v + 0,24
            = -0,00125 x 100 + 0,24
            = 0,115

e max   = 10%
R min =          
            =         
            =          366,233m
Dapat pula dilihat pada tabel 4.1 hal.76 Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan








3.      Perhitungan  Sudut tikungan (Δ)
 







Perhitungan jarak lurus (A-PI) ; (PI-B)
dA-PI     =
            =
            = 200,42 m
dPI-B       =
=
= 237,857 m

Menurut tabel 4.6 halaman 112 Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan
           
            R butuh   = 366,233 m
            Rpakai     = 409 m
            Ls        = 90 m
            D         = 3,50








4.      Penentuan Bentuk Tikungan

Dilihat dari tabel 4.6 hal 112 Dasar-dasar Perencanaan Geometrik R=409 terletak di bawah garis tabel maka tikungan berbentuk SCS atau SS
Δ = 23,3730
Ls Hitung        =
                        =
                        = 13,396 m

Kontrol :
Ls Hitung< Ls tabel
Ls pakai = 90 m

5.      Cek Persyaratan Bentuk Tikungan
Θs =  =  = 6,3014 0

Kontrol SCS
Δ’        =          Δ-2 Θs
            =          23,373 – (2 x 6,3014)
            =          10,7702
           
  
            L’        =          76,9129
            L’ > 20 m… (SCS)
6.      Menghitung Komponen Tikungan

Xs        = Ls ( )
            = 90 ( )
= 89,891 m
            Ys        =     = 
                        = 3,3007 m
            Θs        = 6,3014 0
            p          =    - Rc(1-cos Θs)
                        =  Θs)
                        = 0,8297 m
            k          = Ls -  - Rc sin Θs
                        = 90 -  - 409 sin 6,3014
                        = 44,9998 m

Ts        =          (Rc + p) tan 1/2Δ + k
            =          (409 + 0,8297) tan ½ 23,373 + 44,9998
            =          129,7708 m
Es        =          (Rc + p) sec 1/2Δ – Rc
            =          (409 + 0,8297) sec½ 23,373 – 409
            =          8,7425 m
Lc        =           x π x Rc
            =           x π x Rc
            =          76,913 m
L total  =         Lc +2Ls
            =          76,913 + 2 90 = 256,913 m
7.      Mencari Posisi titik – titik tikungan
Posisi A awal Proyek
Sta A   =          0 + 000
Sta PI  =          Sta A + dA-PI
                =              (0+000) + 200,422
            =          200,422 m
Sta TS =          Sta A + dA-PI – Ts
            =          (0+000) + 200,422 – 129,7708
            =          70,6512 m
Sta SC =          Sta TS + LS
            =          70,6512 + 90
            =          160,6512 m
Sta CS =          Sta SC + LC
            =          160,6512+ 76,913
            =          237,5642
Sta ST =          Sta CS + LS
            =          237,5642 + 90
            =          327,5642
Sta B   =          Sta ST – TS + dPI-B
            =          327,5642 -129,7708 + 237,857
            =          435,6504
Jadi panjang Jalan rencana A – B = 435,6504 m

        







II.          Perencanaan Tikungan 2R

Menentukan Kelas Jalan

Berdasarkan tabel II.8 Tata Cara Perencanan Geometrik Jalan Antar Kota 1997 hal 17

Ditentukan fungsi jalan arteri, kelas IIIA lebar lajur ideal 3,75.

Berdasarkan tabel II.15 Tata Cara Perencanan Geometrik Jalan Antar Kota 1997 hal 27
Panjang bagian lurus maksimum arteri datar 3000 m.

Menentukan Kecepatan Rencana
Berdasarkan tabel II.6 Tata Cara Perencanan Geometrik Jalan Antar Kota 1997 hal 11
Diambil VR = 100 km/jam

Dari grafik 4.3 hal 70 Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan :
Untuk kecepatan 80-112 km/jam

f           = -0,0125 v + 0,24
            = -0,00125 x 100 + 0,24
            = 0,115

e max   = 10%
R min =          
            =         
            =          366,233m
Dapat pula dilihat pada tabel 4.1 hal.76 Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan


1.      Diketahui :
Rmin = 366,233 m ;
Dari tabel 4.6 hal 112 Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan :
ditentukan Rc = 477 m ; e = 0,094 ; Ls = 90 m
diketahui dari tabel (terletak di bawah garis) bahwa bentuk tikungan berupa SCS atau SS
VR = 100 km / jam


Perhitungan  Sudut tikungan (Δ)

 











Perhitungan jarak lurus (A-PI) ; (PI-B)
dA-PI     =
            =
            = 200,42 m
dPI-B       =
=
= 371,65 m
dB-C       =10750-10550             =          200 m

Cek Persyaratan bentuk tikungan SCS
Ls Hitung        =
                        =
                        = 10,2439 m
Kontrol :
Ls Hitung< Ls tabel
Ls pakai = 90 m

Θs =  =  = 5,405 0

Δ1’       =          Δ-2 Θs
            =          23,373 – (2 x 5,405)
            =          12,563o
           
          
            L1’       =          104,5897 m
            L1’ > 20 m (SCS)…OK!
Δ2’       =          Δ-2 Θs
            =          19,654 – (2 x 5,405)
            =          8,844
           
            L2’       =          73,6282 m
            L2’ > 20 m (SCS)…OK!
 Menghitung Komponen Tikungan
Xs        = Ls ( )
            = 90 ( )
= 89,92 m
            Ys        =     = 
                        = 2,8302 m
            Θs        = 5,405 0
            p          =    - Rc(1-cos Θs)
                        =  Θs)
                        = 0,7093 m
            k          = Ls -  - Rc sin Θs
                        = 90 -  - 477 sin 5,405
                        = 44,9888 m
Ts1       =          (Rc + p) tan 1/2Δ1+ k
            =          (477 + 0,7093) tan ½ 23,373 + 44,9888
            =          143,8003 m
Ts2       =          (Rc + p) tan 1/2Δ2 + k
            =          (477 + 0,7093) tan ½ 19,654 + 44,9888
            =          127,7354 m
Kontrol jarak Ts agar terdapat jarak lurus diantara kedua tikungan:
Ts1+Ts2 < dPI-B => 143,8003+127,7354 < 371,65
271,5357 < 371,65…OK!
Es1       =          (Rc + p) sec1/2Δ1 – Rc
            =          (477 + 0,7093) sec ½ 23,373 – 477
            =          10,8216 m

Es2       =          (Rc + p) sec1/2Δ2 – Rc
            =          (477 + 0,7093) sec ½ 19,654 – 477
            =          7,8228 m
Lc1       =           x π x Rc
            =           x π x Rc
            =          104,5897 m
Lc2       =           x π x Rc
            =           x π x Rc
            =          73,6282 m
L1 total  =        Lc1 +2Ls
            =          104,5897 + 2 x 90 = 284,5897m
L2 total  =        Lc2 +2Ls
            =          73,6282 + 2 x 90 = 253,6282m

            Mencari Posisi titik – titik tikungan
Sta A = 0 + 000
Sta PI = Sta A + dA-PI
                = (0 + 000) + 200,42
            = 200,42 m
Sta TS1 = Sta A + dA-PI – Ts1
            = (0 + 000) + 200,42 – 143,8003
            = 56,6197 m
Sta SC1 = Sta TS1 + Ls
            = 56,6197 + 90
            = 146,6197 m
Sta CS1 = Sta SC1 + Lc1
            = 146,6197 + 104,623
            = 251,2427 m
Sta ST1 = Sta CS1 + Ls
            = 251,2427 + 90
            = 341,2427 m
Sta B   =   Sta ST1 – Ts1 + dPI-B
            = 341,2427 – 143,8003 + 371,65
            = 569,0924 m
Jadi panjang jalan rencana A-B = 569,0924 m

Dengan menganggap Sta PI sbg titik awal R2 (R2 pakai = R1 pakai)
Sta PI  =          0 + 000
Sta B   =          Sta PI + dPI-B
                =              (0+000) + 371,65
            =          371,65 m
Sta TS =          Sta PI + dPI-B– Ts2
            =          (0+000) + 371,65 – 127,7354
            =          243,9146 m
Sta SC =          Sta TS + Ls
            =          243,9146 + 90
            =          333,9146 m
Sta CS =          Sta SC + Lc2
            =          333,9146 + 73,6282
            =          407,5428m
Sta ST =          Sta CS + Ls
            =          407,5428 + 90
            =          497,5428m
Sta C   =          Sta ST – Ts2 + dB-C
            =          497,5428 -127,7354 + 200
            =          569,8074m
Jadi panjang Jalan rencana PI-C = 569,8074 m
Jadi panjang Jalan rencana A-PI-B-C = (PI-C)+(A-B) – dPI-B
                                                            = 569,8074 + 569,0924 – 371,65
                                                            = 767,2498 m 



 download disini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar