Selasa, 15 Mei 2012

ANALISIS PORTAL 2D STAAD PRO V.8i Vs SAP 2000 V.14

 ANALISIS PORTAL 2D
STAAD PRO V.8i Vs SAP 2000 V.14

 

Belajar Program Bantu Teknik Sipil

     Tak dapat dipungkiri bahwa tuntutan zaman dan kompetisi yang semakin ketat dalam dunia Konstruksi mengharuskan seorang engineer untuk mampu menguasai aplikasi komputer yang dapat membantu  meringankan pekerjaannya. Dengan pesatnya kemajuan teknologi komputer dan software, saat banyak sekali aplikasi komputer yang menyediakan solusi terpadu dalam menyelesaikan problem-problem design dengan simple dan cepat. Beberapa software Teknik Sipil yang canggih bahkan sudah memadukan kemampuan analisis, design, fabrikasi dan manajemen dalam suatu proses. Dengan adanya software yang semakin canggih, tentu saja membutuhkan kemampuan yang mumpuni dari operatornya, tidak saja dari segi penguasaan operasi software tapi juga mempunyai pemahaman yang cukup tentang dinamika struktur sehingga tidak terjadi kekeliruan atau kesalahan dalam input data dan atau interpretasi hasil analisis program. 
      Dari latar belakang tersebut diatas, kalangan akademis dalam hal ini mahasiswa Teknik Sipil sebagai calon engineer sedari awal perkuliahan sudah dituntut untuk mampu mengoperasikan Aplikasi komputer guna menjadikannya seorang engineer yang kompetitif saat terjun didunia kerja.  Namun kenyataan yang ada dikampus adalah masih banyak Tenaga Pendidik yang "Kurang Bisa" dan bahkan "Tidak Mampu" mengoperasikan Program-program bantu Teknik Sipil sehingga proses transfer ilmu antar Pendidik dan Mahasiswa menjadi timpang.
      Tergerak dari kondisi ini, saya merasa terpanggil untuk bisa menyumbangkan sedikit yang saya tahu tentang Software teknik Sipil, terutama beberapa software yang sudah sangat familiar dalam dunia engineering di Indonesia. Beberapa Program itu seperti SAP2000, StaadPro, ETABS, SAFE, CSI-COL, PALXIS, TEKLA, ANSYS, ADINA, ABAQUS, AutoCAD, ArchiCAD dan lain-lain. Pada kesempatan ini, saya baru bisa menyajikan beberapa tutoral basic tentang SAP2000 dan StaadPro. Mudah-mudahan kedepan Saya bisa menyediakan lagi tutorial untuk beberapa software-software diatas.
 Bagi teman-teman yang ingin mempelajari lebih dalam tutorial Program SAP2000 dan StaadPro ini dan ingin memiliki soft copy filenya dapat mendownloadnya disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar